Berbisnis dalam era globalisasi – Berbisnis dalam era globalisasi merupakan salah satu
usaha manusia dalam memperoleh barang dan menawarkan jasa. Pada umumnya dunia
bisnis sangat erat kaitanya dengan pemahaman seseorang tentang ilmu ekonomi,
yang erat kaitanya dengan aktivitas produksi, pmebelian maupun pertukaran
barang dan jasa yang melibatkan orang atau perusahaan. Berbisnis lebih
menekankan pada sebuah cara sedangakan pembisnis adalah orang yang melakukan
aktivitas itu sendiri.
Terkadang
kebiasaan masyarakat kita bisnis sangat di identikan dengan sebuah keberadaan
perusahaan dalam faham-faham yang berlandaskan ilmu ekonomi. Orang yang berada atau yang memegang penuh
kekuasaan dalam sebuah perusahaan tentu memiliki andil yang sangat besar dalam
mengembankan sebuah bisnisnya. Berbisnis dalam era globalisasi tentunya
memiliki banyak trobosan yang hadir dalam peluang, tantangan, ancaman dan
kelebihan dalam perjalanannya. Era global yang mulai kaya akan informasi dan
kemajuan teknologi membuat banyak model bisnis berkembang pesat dengan cepat.
Perkembangan ini tentu saja mengakibatkan banyak perubahan yang segnifikan
dalam dunia bisnis.
Era
Globalisasi dewasa ini banyak mempengaruhi perubahan pada pasar Global dan
merembet ke dunia bisnis dalam sekala mikro. Globalisasi dan perkembangan
teknologi mendorong terjadinya sebuah sleksi dan eliminasi teradap model bisnis
yang berkembang bahkan yang suda maju sekalipun. Globalisasi dalam dunia binis
tida ubanya ibarat sebuah sleksi alamiah yang tidak bisa dihindari.
Sebagai
dampak globalisasi dan perkembangan teknologi, kondisi pasar saat ini banyak
mengalami perubahan yang mendasar. Berikut adala perbuhan-perubahan yang
terjadi akibat dampak dari globalisasi dan perkembangan teknologi pada sebuah
bisinis di era Global :
1.
Kekuasaan sudah berada ditangan konsumen
2.
Batasan wilayah bukan menjadi sebuah
maslah yang berarti
3.
Sekala Produksi yang besar (Kuantitas
produksi) bukanlah menjadi sebuah keharusan mutlak
4.
Peniruan dan pengusaan teknologi sangat
cepat
5.
Persaingan semakin ketat dalam hal
kualitas dan kuantitas barang
6.
Semakin meningkatnya kepekaan konsumen
terhadap harga dan nilai.
Kesimpulan : Berbisnis
dalam era globalisasi merupakan sebuah keharusan yang akan menjadi tolak ukur
bagi para pelaku bisnis, jika untuk memulai bisnis harusalh faham tentang seluk
beluk teori ekonomi bisnis yang sangat erat kaitanya dengan cara dan strategi
marketing di Era global. Banyak pebisnis yang gagal karena mereka kurang
memahami bisnis yang mereka jalani dan belum siap dalammenghadapai persaingan
dan perkembang teknologi di era ini. Perencanaan bisnis yang di susun secara
cermat, tepat dan akurat akan membantu dalam mengatasi masalah di era global
karena sejatinya rencana sangat erat kaitanya dengan isi dan substansi dari
bisnis yang anda geluti.
Sampai disni dulu
pembahasan kita sahabat dalam sub topik “ Pengantar bisnis untuk pemula”, semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat dan pelajaran buat
kita semua.