Pentingnya Kedudukan dan Letak Perusahaan

IKLAN SINI GAN
Dalam mendirikan perusahaan ada satu faktor yang harus kita ketahui selain masalah modal, pekerja, peralatan, perlengkapan dsb. Banyak orang yang mengabaikan hal ini sehingga perusahaanya tidak berjalan dengan baik. Pentingnya kedudukan dan letak perusahaanketika anda mulai merintis sebuah bisnis yang bersekala mikro dan makro, satu hal yang harus anda ketahui yaitu menentukan kedudukan dan letak perushaan anda. Kedudukan dan letak perusahaan sangatlah penting untuk anda perhatikan untuk perkembangan dan kemajuan usaha anda nantinya. Dalam tulisan ini saya akan membagikan kepada anda semua sekilas tentang pentingnya kedududukan dan letak sebuah perusahaan.

Ada dua aspek yang menjadi landasan orang dalam menentukan sebuah kedudukan dan letak perushaan, yang pertama aspek teknis dan aspek ekonomis. Jika ke dua aspek ini anda terapkan maka besar kemungkinan usaha yang anda rintis meraih kesuksesan di masa yang akan datang. Sebagai bahan tambahan selain kedudukan dan letak perusahaan ada baiknya anda juga mempertimbangkan Fleksibiitas, diversifikasi produksi, daerah pemasaran dan hasil produksi, pemilihan bahan baku, aksesibilitas, slera konsumen, daya beli masyarakat, ramalan kondisi ekonomi, kondisi pasar global, kebijakan daerah anda, kebijakan pemerintah dan masih banyak yang lainya.
Pentingnya Kedudukan dan Letak Perusahaan
Pentingnya Kedudukan dan Letak Perusahaan
  1. Tempat kedudukan perusahaan,
Tempat kedudukan perusahaan merupakan kantor pusat tempat berdirinya perusahaan tersebut. Misalkan perusahaan anda berada di Jakarta maka tempat kedudukanya di Jakarta. Pada umumny kedudukan perusahaan akan dipengaruhi oleh beberapa hal misalkan : Lembaga pemerintah, lembaha keuangan daerah, konsumen, kondisi alam tempat itu, harga pasar dan masih banyak yang lain.
  1. Letak perusahaan
Letak perusahaan merupakan tempat perusahaan melaukan kegiatan dalam memroduksi barang atau jasa. Perbedaanya dengan kedudukan perusahaan sangat tipis, misalkan ada perusahaan yang memiliki kantor dua ada di Jakarta dan Kalimantan, di Jakarta merupakan kedudukan perusahaan atau kantor induk sedangkan di Kalimantan merupakan letak perusahaan karena di Kalimantan juga terjadi sebuah proses produksi yang di naungi oleh perusahaan pusat yang ada di Jakarta.
  1. Jenis – jenis letak perusahaan :
-          Terikat keadaan alam ( Letak perusahaan yang seperti ini sangat tergantung pada alam, contohnya : Perusahaan tambang, emas, minyak bumi, timah dll)
-          Terikat sejarah ( Letak perusahaan ini tergolong unik dan hanya bisa ditemukan dalam region yang khusus berdasarkan perkembangan historisnya, Contohnya : usaha batik di Solo dan Yogyakarta. Dua tempat ini memiliki keunggulan kompetitif dibandingakan daerah yang lainya karena di Jogaja dan solo dari jaman dahulu sudah mengenal tata cara pembuatan batik yang berkualitas.
-          Terikat oleh pemerintah, (Pemerintah memiliki wewenang yang kuat untuk mengatur diamana suatu perusahaan yang besar ditempatkan. Perusahaan yang terikat oleh pemerintah ini biasanya adalah perusahaan yang berpengaruh langsung dalam beberpa kondisi masyarakat sekitarnya. Misalkan perusahaan yang memiliki limbah kimia yang berbahaya untuk kesehatan manusia maka pemerintah berhak menetukan jika perusahaan ini harus berada jauh dari permukiman. )
-          Dipengaruhi oleh faktor-faktro ekonomi, ( ada beberapa hal yang mendasari sebuah perusahaan memperhatikan faktor-faktor ekonomi . Misalkan : Ktersediaan bahan mentah, tenaga kerja, modal, trnasportasi, pasar, iklim atau cuaca. Semua faktor ini harus dipertimbangkan sebaik-baiknya sebelum memutuskan letak perusahaan yang akan didirikan.
Inilah bahasan kita pada kesempatan kali ini tentang masalah letak dan kedudukan perusahaan. Semoga tulisan ini bisa menjadi acuan bagi anda sebelum memutuskan memulai berwirausaha. Salam.
IKLAN TARUH SINI BLEH
Pentingnya Kedudukan dan Letak Perusahaan | Daniar Murdi | 5