Empat Faktor Produksi Dalam Ilmu Ekonomi

IKLAN SINI GAN
Empat faktor produksi dalam ilmu ekonomidalam ilmu ekonomi dikenal ada empat macam faktor produksi. Faktor-faktor ini sangat berpengaruh besar dalam keberhasilan sebuah perusahaan untuk berkembang dan mampu bersaing dengan kondisi yang ada di Lapangan. Inilah 4 faktor produksi dalam ilmu ekonomi
Empat Faktor Produksi Dalam Ilmu Ekonomi
Faktor produksi yang palig utama yang harus ada adalah tanah yang mencakup lahan, bangunan, ruko dan tempat usaha itu dibangun kemudia di tambah dengan bahan mentah yang menjadi sumber utama yang akan diproduksi oleh sebuah perusahaan. Tanpa adanya tanah dan sumber daya alam maka sebuah usaha yang bergerak dalam bidang produksi tidak akan jalan dengan semsetinya.
Tenaga kerja adalah mereka yang mengguanakan akal, pikiran dan tenaganya dalam megolah faktor yang pertama. Tenaga kerja adalah manusia yang di pekerjakan dalam sebuah perusahaan atau badan usaha dengan tujuan mencipatakan produk dan servis jasa bagi calon konsumen yang membutuhkan.  Kualifikasi tenaga kerja dalam ilmu ekonomi di bagi menjadi tiga antara lain :
1)      Tenaga  kerja kasar : Tenaga kera kasar ini adalah meraka yang memiliki skill kurang akan tetapi jasa mereka sangat dibutuhkan dalam mengembangkan sebuah usaha. Tenga kerja kasar ini dibagi menjadi dua yaitu : Tenaga kerjaa tidak terdidik dan berpendidikan rendah, pada umumnya akan menempati posisi paling bawah dalam sebuah organisasi. Mislakan buruh dan pekerja gudang.
2)     Tenaga kerja terampil : Tenaga kerja terampil memiliki kedudukan yang lebih tinggi dibandingkan dengan tenaga kerja kasar. Yang menjadi tolak ukurnya biasanya tingkat kemampaun dalam mengolah sebuah usaha dalam organisasi tentunya juga dipengaruhi oleh tingkat pendidikan.  Posisi yang berada dalam tenaga kerja terampil ini contohnya : Karyawan dan asisten yang membantu manajer perusahaan dan gajinya juga lebih tinggi di bandingakan tenaga kerja kasar.
3)      Tenaga kerja terdidik : Tenaga kerja terdidik adalah mereka yang memiliki keahlian, skill, soft skill dalam sebuah bidang yang mereka sengaja tekuni dari awal. Contoh jabatang yang terolong tenaga kerja terdidik adalah konsultan IM, Dokter, dan orang-orang yang sudah menjadi pakar dalam sebuah bidang keilmuan.
Inilah fator produksi yang terakhir ‘Modal’, setiap usaha yang akan berdiri wajib hukumnya memiliki modal usaha sebagai landasan utama bergeraknya usaha yang mereka lakukan. Kebanyakan mindset orang ketika mendengar kata modal akan lari ke sebuah alat tukar yaitu “Uang”, padahal modal dalam sebuah usaha diartikan sebagai keseluruhan aktiva perusahaan yang dijadikan atau di gunakan untuk mengoptimakan pendapatan perusahaan.
Faktor yang terahir ini lebih mengarah pada kemampuan yang dimiliki oleh seorang pengusaha dalam mengolah dan mengembankan usahanya untuk mampu bersaing dan eksis dalam menghadapi tantangan jaman dan kondisi ekonomi yang ada dalam sebuah Negara. 
Temukan tulisan saya di web yang lainya : tasikhotel.com
IKLAN TARUH SINI BLEH
Empat Faktor Produksi Dalam Ilmu Ekonomi | Daniar Murdi | 5