10 Tips Memilih Asuransi Jiwa

IKLAN SINI GAN
10 tips memilih asurasni jiwa – beberapa hari yang lalu saya sudah menuliskan 10 tips memilih asuransi kendaraan, pada hari ini saya akan melanjutkan bahasan yang hampir serupa namu berbeda pada kalimat keteranganya yaitu 10 tips memilih asuransi jiwa. Ketika anda di tawarkan sebuah jasa asuransi oleh agen atau langsung dari perusahaanya maka ada satu faktor yang penting yang harus anda pahami yaitu arti dari asurasnsi, polis asuransi dan premi yang akan anda bayarkan. Dalam tulisan ini saya akan membahas 10 tips yang bisa anda gunakan sebagai bahan acuan atau pertimbangan ketika anda memilih atau mau membeeli asuransi jiwa:


1.    Pahami kondisi keuangan anda
Kondisi keuangan anda sangat penting untuk anda perhatikan, hal ini akan berkaitan langsung dengan kemampuan anda dalam membyar premi sesuai dengan perjanjian yang telah anda sepakati. Dalam hal ini usahakan memilih premi yang bisa anda jangkau dari segi ekonomi. Jangan sampi dengan alasan tidak bisa membayar premi kontrak anda berakhir dengan perusahaan asuransi yang anda gunakan.

2.    Perhatikan polis yang sudah anda buat
Ada baiknya anda memantau polis yang sudah anada sepakati dengan jasa asuransi agar lebih mempermudah anda dalam mendapatkan apa yang anda inginkan. Jalan yang terbaik dalam hal ini adalah anda harus bisa merubah atau meperbaharui polis yang sudah anda sepakati berdasarkan keadaan anda saat ini. 


3.    Tanggap pada perubahan yang ada
Biasanya perusahaan asuransi mungkin akan merubah apa yang sudah anda sepakati bersama di masa yang akan datang. Jika perubahan yang dilakukan bisa membuat anda nyaman dan mendapatkan keuntungan ada baiknya anda mengukti, namun apabila perubahan itu bisa membuat anda rugi maka ada baiknya anda mengajukan banding atas hak anda sebagai pengguna jasa asuransi jiwa. 


4.    Ketahui apakah asuransi jiwa yang anda gunakan bisa dirubah
Asuransi jiwa ada dua jenis yang pertama asurasni jiwa berjagka dan asuransi jiwa seumur hidup. Ada baiknya anda menyakan jika sekarang anda menggunakan jasa asuransi jiwa tapi dikemudian hari apakah bisa dirubah ke asuransi seumur hidup. Ini sangat penting untuk anda tanyakan supaya tidak menimbukan konflik dikemudian hari. 


5.    Pahami polis yang anda gunakan
Dalam memahami polis yang anda gunakan atau anda pakai, sangat penting untuk anda korek jauh lebih dalam sampai anda mengetahui dan memahaminya. Jangan sampai anda terlihat bodoh dengan asal meyetujui saja namun tidak tau apa isi polisi yang telah anda sepakati denga perusahaan asuransi yang anda gunakan.


6.    Track record perusahaan asuransi
Seperti pada ulasan saya yang sebelumnya dengan bahasan 10 cara memilih asurasni mobil ternyata cara ini juga berlaku dan memang sangat penting untuk anda ketahui sebelum memutuskan membeli asuransi jiwa. Banyak sekali perusahaan asuransi jiwa khususnya di Indonesia bahkan memiliki pusat di luar negeri. Anda harus pintar dalam memilih perusahaan asuransi, ketahui seluk-beluk perusahaan itu apakah bunafit atau tidak. 


7.    Besarnya tarfi (harga ) bukan jaminan
Assuransi saat ini merupakan salah satu trand bisnis yang muali di sorot di Indonesia. Sudah banyak perusahaan baru yang menawarkan jasa asuransi dengan haraga murah dan sebaliknya banyak perusahaan lama yang menawarkan dengan harga yang sama. Disini anda harus pintar dalam memilih mana yang tepat buat anda. 

8.    Apa keinginan anda
Khususnya dalam memilih jasa asuransi jiwa anda akan diberikan dua pilihan : antara asuransi jiwa berjangka atau seumur hidup . Saya sarankan pilihlah sesuai dengan keinginan anda karena dua jenis asuransi ini tentunya memiliki premi dan asas yang berbeda. Misalkan dalam asuransi jiwa berjangaka akan lebih menitik beratkan pada beberapa hal :
A.    Dalam asurasni berjangka akan cendrung memuat kebutuhan yang bersifat sementara

B.    Bagi golongan yang memiliki pendapatan minimal namun mengharapkan perlindungan yang maksimal

C.    Lebih memilih niali premi yang lebih rendah
Kemudian apabila anda memilih asuransi jiwa seumur hidup ada beberapa kriteria yang harus anda tau diantaranya :
A.    Lebih bersifat lama atau jangak panjang

B.    Kebanyakan digunakan dalam hal tertentu misalkan ( pembagian harta waris )

9.    Pahami kebutuhan anda
Meskipun asuransi memiliki banyak manfaat bagi anda ada baiknya anda menggunakan jasa asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhan anda dengan alasan agar premi yang anda bayar tidak terlalu banyak. 


10.  Pahami hukum asuransi
Ini juga sangat penting anda pahami sebelum membeli jasa asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, kendaraan dan yang lain-lain. Dilain kesempatan kita akan bahas lebih dalam lagi megenai hukum asuransi yang menjadi patokan dasar asuransi berdiri dan bekeraja.
Salam sejahtera dari kami.

IKLAN TARUH SINI BLEH
10 Tips Memilih Asuransi Jiwa | Daniar Murdi | 5